berita



Sekitar 11 Desa Minta Jatah Air Bersih


Babat News -
BOJONEGORO - Ada ribuan warga di 11 desa di tiga kecamatan, yakni Kalitidu, Purwosari, dan Ngasem mulai kesulitan memperoleh air bersih. Mereka, melalui pemerintah desanya masing-masing mengajukan permintaan air bersih ke Pemkab Bojonegoro.

Menurut Kepala Bagian Urusan Sosial Badan KB dan Kessos Bojonegoro M. Masjkur, 11 desa itu adalah Kaliombo, Donan, Kuniran (Purwosari); Leran, Mayanggeneng, Katur, Sumengko, Beged (Kalitidu); dan Sendangharjo, Kolong, dan Butoh (Ngasem).

"Di 11 desa itu masyarakat mulai kesulitan air bersih karena sumur-sumur warga sudah tidak mengeluarkan air," kata Masjkur kemarin. Memenuhi permintaan warga, lanjut dia,

hari ini pihaknya bakal men-droping air bersih ke 11 desa tersebut dengan dua kendaraan tangki.

Masjkur mengungkapkan, kekeringan tahun ini tergolong parah. Terbukti, Butoh, Kolong, dan Sendangharjo, yang pada tahun-tahun sebelumnya tidak terjamah kesulitan air bersih, kini mulai terdampak. "Penyebabnya saya kurang tahu persis. Padahal ini baru awal musim kemarau," bebernya.

Selain 11 desa tersebut, lanjut dia, berdasarkan laporan camat-camat, kekeringan juga mengancam 29 desa lain yang tersebar di 12 kecamatan. Beberapa desa yang diprediksi paling parah dilanda kesulitan air bersih itu di antaranya Sugihwaras, Wedoro, Nglayang, dan Kedungdowo (Sugihwaras). Juga, Geger, Dayukidul, Kedungdowo (Kedungadem); Jatimulyo, Gamongan, Kalisumber, dan Turi (Tambakrejo). Semua desa itu terletak di wilayah selatan Bojonegoro.

Masjkur menambahkan, untuk mengatasi kesulitan air bersih tersebut Badan KB dan Kessos menyiapkan dua kendaraan tangki air dengan kapasitas masing-masing 5 ribu liter. Jika masih kurang, pihaknya akan meminjam truk tangki milik PDAM setempat dan pihak swasta.

Pantauan Radar Bojonegoro, selain Sendangharjo, Kolong, dan Butoh, wilayah lain di Kecamatan Ngasem yang tergolong krisis air adalah Desa Bandungrejo. Untuk mendapatkan air bersih, beberapa warga desa ini harus berjalan kaki atau naik sepeda onthel dengan jarak sekitar 5 kilometer. (ade)