berita



Kasus Narkoba Naik, BNK Bojonegoro Waspada

BabatNews-
BOJONEGORO - Terhitung hingga Juni tahun ini, tercatat enam kasus narkoba berhasil diungkap petugas kepolisian di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Jumlah ini cenderung meningkat dibanding semester pertama tahun lalu dengan empat kasus. "Angka itu harus sesegera mungkin ditekan,'' kata Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bojonegoro, Setyo Hartono kepada Radar Bojonegoro kemarin.

Untuk itu, dia menyatakan bakal menggelar pertemuan dengan anggota BNK yang terdiri dari kejaksaan negeri (kejari) dan polres setempat. Sehingga, dapat diantisipasi guna mengurangi dan mencegah peredaran narkoba di Bumi Angling Dharma ini.

Dia mengakui, kurangnya pemahaman masyarakat tentang jenis, ciri, dan bentuk narkoba menjadi salah satu penyebab mudahnya peredaran barang haram ini. Karena itu, BNK bakal menggiatkan sosialisasi tingkat dini. ''Sasaran sosialisasi ini adalah anak usia SD yang akan naik ke SMP,'' jelas wakil bupati Bojonegoro ini.

Langkah lainnya, lanjut dia, adalah dengan memperbanyak alat peraga. Antara lain berupa bong (alat penghisap sabu-sabu), serta benda-benda lain yang bisa digunakan untuk mengonsumsi narkoba. Sebab, barang-barang itu mudah ditemukan dan dirakit oleh siapa pun. Namun, tak banyak orang yang tahu jika barang itu dilarang dan membahayakan jiwa mereka.

''Masyarakat juga harus tahu jenis-jenis narkoba. Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat tentang bahaya narkoba. Terutama bagi orang tua kepada anaknya,'' terangnya. (dim)