berita


Fosil Manusia Purba Bojonegoro Diteliti Pakar Asing

Babat News -
BOJONEGORO- Sekitar Juli mendatang, ilmuwan arkeologi dari Jerman dan Swiss direncanakan datang ke Bojonegoro. Mereka merencanakan untuk mencari fosil hewan dan manusia purba di Bojonegoro. ''Mereka sudah kontak saya dan Juli dipastikan akan ke Bojonegoro,''kata peneliti muda arkeologi Bojonegoro, Harry Guru kepada Radar Bojonegoro kemarin.

Soal lokasi yang bakal digali oleh ilmuwan Jerman dan Swiss tersebut dirinya masih belum mengungkapnnya. ''Namun yang pasti, kami sudah menemukan lokasinya,''ujar pria yang masih lajang ini.

Dia berharap penggalian hewan dan manusia purba di Bojonegoro dapat menjadikan bukti bahwa kawasan di Bojonegoro akan menjadi lahan pengetahuan bagi ilmuwan arkeologi. ''Selama ini yang menjadi pusat adalah Sangiran (Ngawi), padahal kita juga mempunyai potensi pengetahuan untuk hewan purba,''jelasnya.

Selama ini, Harry tekun untuk mencari fosil hewan purba yang ada di Bojonegoro. Sejumlah kecamatan yang menjadi lokasi pencarian fosil hewan purba diantaranya di kecamatan Kalitidu, Ngasem, Tambakrejo, Sekar dan Kedungadem. ''Di Kedungadem sudah kita temukan fosil kerang purba, perkiraan kami di Kedungadem dulu pernah ada laut atau sungai purba,''ungkapnya.

Karena itu, dia berharap dimasa mendatang Bojonegoro dapat menjadi lahan penelitian untuk hewan purba. ''Sehingga kita tahu sejarah Bojonegoro secara utuh,''tandas pria yang juga guru di salah satu SDN di Kalitidu ini. (nas)